Sabtu, 08 November 2014

Simbol Matematika



Tanda Sama Dengan untuk Pemberian Nilai
“Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat”
“dan tidak (pula) sama gelap gulita dengan terang benderang”
“dan tidak (pula) sama yang teduh dengan yang panas”
“dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati.  Sesungguhnya Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang-orang yang di dalam kubur dapat mendengar”.
QS. Faathir(35):19-22


Jika kita gambarkan perbedaan dua kondisi, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Sehingga Simbol Operator untuk Sama Dengan adalah =
Simbol Operator Sama Dengan digunakan untuk Pemberian Nilai.

Semua tanda baca pada Al-Qur’an untuk menyatakan bentuk tunggal yaitu an in un ditandai dengan simbol =



Tanda Tambah
"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga , dan empat.  Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya.  Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu".  
QS.Faathir(35):1
Dalam suatu riwayat disebutkan:
“Jumlah sayap malaikat Israfil itu ada empat. Sayapnya yang pertama panjangnya sampai ke barat, sayapnya yang kedua sampai ke timur, yang ketiga menutupi seluruh badannya dan yang keempat menutupi kepalanya”.

Jika kita gambarkan sayap malaikat, dari tengah kearah barat, kearah timur, kearah atas, dan kearah bawah, maka bentuknya seperti pada gambar disamping.  Sehingga Simbol Operator untuk Penjumlahan adalah +
 






Tanda Kurang
“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya?  Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya, dan Dia-lah Yang Maha Cepat Perhitungan-Nya (Quick Count)”.
QS. Ar-Rad(13):41

“Sebenarnya Kami telah memberi mereka dan bapak-bapak mereka kenikmatan (hidup di dunia) hingga panjanglah umur mereka.  Maka apakah mereka tidak melihat bahwasanya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya.  Maka apakah mereka yang menang?”
QS. Al-Anbiyaa(21):44



Jika kita gambarkan daerah orang kafir seperti garis lurus, kemudian dikurangi dari tepi-tepinya, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Sehingga Simbol Operator Pengurangan adalah

Secara Perlahan atau Cepat, orang-orang kafir akan dikurangi keni’matan hidupnya.



“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain mereka mengurangi.  Tiadakkah orang-orang itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, pada suatu hari yang besar, (yaitu) hari (ketika) mereka berdiri menghadap Tuhan semesta alam”.
QS. Al-Muthoffifiin(83):1-6



Tanda Bagi
“Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah (yaitu:), (1) Rasul, (2) kerabat Rasul, (3) anak-anak yatim, (4) orang-orang miskin dan (5) ibnu sabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari furqan, yaitu  di hari bertemunya dua pasukan.  Dan atas segala sesuatu Allah Maha Menetapkan”.
QS. An-Anfaat(8):41



Jika kita gambarkan dua pasukan bertemu untuk bertempur, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Sehingga Simbol untuk Pembagian adalah :  atau _

Tanda Persentase (%) juga dapat diformulasikan dari ayat tersebut

Harta Rampasan Perang (Ghonimah):
1:5 = 20% dibagikan diantara kelima orang diatas
4:5 = 80% dibagikan diantara orang-orang yang ikut berperang


Tanda Penggandaan (Luasan Infak)
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.  Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.  Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.
QS. Al-Baqarah(2):261



Jika kita gambarkan sebutir benih, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Sehingga Simbol untuk Penggandaan adalah .
Simbol ini sekarang dikenal dengan Dot Product (Penggandaan Titik)
1 . 7 = 7


Jika kita gambarkan sebutir benih mengeluarkan tujuh bulir, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Sehingga Simbol Operator untuk Penggandaan adalah *
Simbol ini sekarang dikenal dengan Asterik.
7 * 100 = 700

Satu Satuan Harta yang kita Infak-an di Jalan Allah akan di balas Allah sebanyak 700 Satuan Kebaikan.

Rumus:
Balasan (Luasan) Infak = I * 7 * 100 = 700 I,
dimana I adalah Harta yang di-Infak-an, I = 1, …, ~




Tanda Kerapatan
“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhoan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang di siram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya berkali-lipat.  Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadainya).  Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat”.
QS. Al-Baqarah(2):265



Jika gambarkan sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi, maka bentuknya seperti gambar disamping.  Disiram dengan hujan lebat atau rintik-rintik menghasilkan buahnya berkali-kali lipat.  Sehingga kita dapat mendefinisikan Kerapatan (hujan) dengan simbol tersebut.
Simbol ini sekarang dikenal dengan Rho 









Tanda Tak Hingga (~)

"Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan Jika kamu menghitung ni'mat Allah, tidaklah kamu dapat menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (ni'mat Allah)".
QS. Ibrahim(14):34
Perhatikan tanda mad (~) pada setiap ayat Al-Qur'an, yang menunjukkan tanda kontinu, terus menerus sampai tak hingga ...









Tanda Pangkat

“Orang-orang kafir dan menghalangi manusia dari jalan Allah.  Kami tambahkan kepada mereka azab diatas azab disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan”.
QS.An-Nahl(16):88





Tanda Jumlah
“Berkatalah orang-orang kafir: “Mengapa Al-Qur’an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja? (Jumlatan wahidah)”, demikianlah, supaya Kami perkuat ingatanmu (fuad) dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (teratur dan benar)”
QS.Al-Furqaan(15):32

“Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (Jama’hu) (didadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya”
QS.Al-Qiyaamah(75):17





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar